Header Ads

  • Breaking News

    Rangkaian Sederhana menggunakan IC 7404 dan LED serta Bazer

    Assalamualaiakum  Wr. Wb.
    Selamat Siang pengunjung Dunia Rahul. Sudah lama saya tidak pernah memposting blog ini, karena padatnya mata kuliah dan pekerjaan, menurut saya sih masalah itu tidak begitu sangkut pautnya ke blog saya, hanya saja Laptop saya lagi rusak dan males mw memperbaikinya (sebenarnya sih lagi gak ada uang buat beneri laptop hahahahaha :D). nah pada Kali ini saya akan memposting Tutorial membuat rangkaian sederhana menggunakan LED dan Bazer dengan IC 7404. Walaupun yang saya posting ini berbeda dari pada yang lain, yang penting yang saya posting ini ada hikmahnya buat yang baca. Langsung saja ke TKP

    Ini adalah gambar rangkaian yang saya akan buat.

    Dan di bawah ini adalah bahan – bahan yang akan digunakan dalam membuat rangkaian sederhana menggunakan LED dan Bazer dengan IC 7404.


      
    Langsung saja kita buat rangkaiannya.
    1.      Siapkan Project Board dan IC 7404 lalu masukkan IC 7404 ke Project Board, ingat sompelan (bekas berobang ) kaki dari sebelah kiri bawah yaitu kaki 1, dan bagian atas kanan itu kaki 8.
    2.      Hubungkan kaki -14 ke +5v/vcc atau sering disebut ke kutub positif dengan menggunakan kabel.

    3.      Hubungkan lagi kaki -7 dengan menggunakan kabel ke GND atau kutub negative.

    4.      Hubungkan kabel lagi di kaki -1 dan ujung kabel tersebut di biarkan saja, karna didalam rangkaian tersebut kabel yang satunya di hungungkan ke GND/5v (maka dibiarkan saja terlepas).

    5.      Hubungkan kabel dari kaki ke-2 ke Project Board yang kosong, lihat lebih jelasnya pada gambar dibawah ini.

    6.      Hubungkan Resistor ke kabel yang terhubung pada kaki ke-2 tadi.

    7.      Hubungkan LED ke Resistor, ingat pada bagian LED kaki yang lebih panjang dihubungkan ke Resistor, dan kaki yang pendek akan dihungkan menggunakan kabel pada tahap selanjutnya.

    8.      Nah dibagian ini, hubungkan LED yang kakinya yang pendek menggunakan kabel ke GND atau kutub Negatif.

    9.      Tahap selanjutnya hubungkan Bazer pada rangkaian tersebut, dimana kabel pada Bazer yang berwarna merah dihubungkan ke kaki -1 pada IC 7404 dan kabel yang berwarna hitam dihubungkan ke GND atau kutub negative.

    10.  Hubungkan kabel lagi pada gambar dibawah ini, yang sudah saya buat penjelasannya.

    11.  Nah pada tahap ini adalah tahap percobaan, dimana kabel terlepas tadi dihubungkan ke positif, maka Bazernya akan hidup dan lampu LED mati. karna ini adalah sebuar gambar, maka suara Bazernya tidak terdengar (namanya juga gambar mana ada terdengar suaranya, hahahaha :D)

    12.  Tahan terakhir, pada kabel yang kita hubungkan tadi ke positif pada tahap yang ke11, pindahkan kabel tersebut ke kutub negatif atau dengan kata lain, hubungkan kabel yang terlepas ke kutub negative, maka hasilnya yaitu lampu LED akan hidup dan suara Bazer ersebut akan mati.


    Untuk melihat tutorial cara membuatnya klik tobol dibawah ini.
    Sekian postingan dari saya ini, kiranya dapat member manfaat untuk yg membaca.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Tidak ada komentar

    Komentarlah Dengan Kata-Kata Sopan Dan Tidak Spam.
    Tinggalkan Pesan atau Komentar Anda, Jika Anda Ada Keluhan.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad