Header Ads

  • Breaking News

    Membuat Rumus Lingkaran Dengan Terminal Linux

    Hallo Sahabat Dunia Rahul, akhir akhir ini saya jarang sekali update tentang tutorial maupun tentang updatenya game game terbaru, dikarenakan padatnya  tugas kuliah saya yang sangat banyak dan padat. Lagi pula saya lagi membuat sebuah project yang ingin saya pasarkan atau saja jual kepada orang orang untuk keperluan mereka masing-masing, sehingga sedikitpun saya tidak pernah lagi membuka blog ini. Dengan adanya tugas dari dosen yang harus di publikasikan ke semua orang dengan cara ini saya bisa memberikan tutorial lagi seperti Sahabat Dunia Rahul yang setia menunggu blog saya.
    Nah kali ini saya akan memberikan tutorial tentang LINUX , bagaimana cara membuat listing program menghitung luas LINGKARAN dengan TERMINAL yang ada di ubuntu.
    Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu perhatikan dengan baik .
    1. Install OS Linux kamu ( sudah pasti kayaknya :D ), mau Versi DESKTOP ataupun yang Versi SERVER terserah kalian, disini saya menggunakan yang VERSI DESKTOP.
    2.  Untuk yang Versi DEKSTOP, buka Terminal kamu dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+ALT+T secara bersamaan.
    3. Masukkan perintah SUDO SU lalu masukkan password. Perintah ROOT ini berbeda setiap Versi Linuxnya, Disini saya menggunakan Linux Ubuntu Versi 14.04 dan saya akan jelaskan Perintah ROOT untuk versi lainnya.

    -          SU --> untuk satu pabrikan dengan DEBIAN
    -          SUDO SU --> untuk satu pabrikan dengan UBUNTU

    Ingat Setiap Versi Linux berbeda-beda perintah ROOTnya, yang saya tau itu perintah root ada 2 yaitu yang sudah saya jelaskan diatas.
    1. Lalu ketikkan perintah didepan ~$

    ~$ nano lingkaran atau -$ pico lingkaran


    Kamu bisa menggunakan 2 perintah di atas mau NANO atau PICO, saya lebih sering menggunakan nano ketimbang pico. Nah yang lingkaran adalah nama file yang ingin dibuat nanti.
    1. Lalu masukkan Codingan Seperti dibawah ini 
    #!/bin/bash

    clear;
    printf "Menghitung Keliling Dan Luas Lingkaran\n\n";

    printf "Nama  : Muhammad Rahul Padila\n";
    printf "Nim   : 1410000311\n";
    printf "Kelas : TIF D-MALAM\n";
    printf "SEM   : VI (Enam)\n\n";

    b=2;

    printf "Masukkan Jari-Jari Lingkaran : ";
    read jari
    printf "\n\n";
    echo "Nilai Jari-Jari : $jari";

    let diameter=$jari*$jari

    luas=`echo 3.14*$b*$jari|bc`
    keliling=`echo 3.14*$diameter|bc`

    echo "Nilai Diameter  : $diameter";
    echo "Nilai Keliling  : $keliling";
    echo "Luas Lingkaran  : $luas";
    printf "\n";
     
    1. Setelah disave selanjutnya ketikkan perintah untuk membaca dan membuat file tersebut bisa dibuka
    ~$ chmod 755 lingkaran (lingkaran itu nama file yang dibuat sama seperti diatas)
    1. Lalu ketikkan perintah LS (huruf kecil), jika diversi DEKSTOP akan bewarna hijau seperti dibawah ini
    ~$ ls
    1. Lalu masukkan perintah seperti ini untuk membuka file yang telah dibuat

    ~$ ./lingkaran
    1. Masukkan jari-jari yang ingin kalian masukkan contoh saya memasukkan angka 15
    1. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

    Untuk Tutorial dasar langkah-langkah Linux SERVER klik link dibawah ini untuk melihat isi artikel sebelumnya

    Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mempejalarinya.

    Tidak ada komentar

    Komentarlah Dengan Kata-Kata Sopan Dan Tidak Spam.
    Tinggalkan Pesan atau Komentar Anda, Jika Anda Ada Keluhan.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad