Header Ads

  • Breaking News

    Menghitung Nilai Akhir Dengan Terminal Linux

    Hallo pengunjung setia Dunia Rahul, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang LINUX seperti diartikel sebelumnya, nah kali ini saya akan memberikan tutorial menghitung nilai akhir dengan terminal linux. Untuk lebih detailnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

    Install OS Linux kamu ( sudah pasti kayaknya :D ), mau Versi DESKTOP ataupun yang Versi SERVER terserah kalian, disini saya menggunakan yang VERSI DESKTOP.

    Untuk yang Versi DEKSTOP, buka Terminal kamu dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+ALT+T secara bersamaan.
    Masukkan perintah SUDO SU lalu masukkan password. Perintah ROOT ini berbeda setiap Versi Linuxnya, Disini saya menggunakan Linux Ubuntu Versi 14.04 dan saya akan jelaskan Perintah ROOT untuk versi lainnya.
    SU --> untuk satu pabrikan dengan DEBIAN
    SUDO SU --> untuk satu pabrikan dengan UBUNTU

    Ingat Setiap Versi Linux berbeda-beda perintah ROOTnya, yang saya tau itu perintah root ada 2 yaitu yang sudah saya jelaskan diatas.
    Lalu ketikkan perintah didepan ~$
    ~$ nano quis atau -$ pico quis

    Sama halnya seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnuya, kamu bisa menggunakan 2 perintah di atas mau NANO atau PICO, Nah yang quis adalah nama file yang ingin dibuat nanti.
    Lau masukkan Codingan Seperti dibawah ini lalu save dengan menekan tombol pada keyboard CTRL+X laluY seterusnya Enter.

    Setelah disave selanjutnya ketikkan perintah untuk membaca dan membuat file tersebut bisa dibuka
    ~$ chmod 755 quis (quis itu nama file yang dibuat sama seperti diatas)

    Lalu ketikkan perintah LS (huruf kecil), jika diversi DEKSTOP akan bewarna hijau seperti dibawah ini
    ~$ ls

    Lalu masukkan perintah seperti ini untuk membuka file yang telah dibuat
    ~$ ./quis

    Maka muncul Tampilan seperi ini, Lalu masukkan sesuai dengan kolom yang disini.

    Maka hasilnya akan seperti di bawah ini otomatis nilai akhir dan gradenya akan keluar.

    Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mempejalarinya.

    Tidak ada komentar

    Komentarlah Dengan Kata-Kata Sopan Dan Tidak Spam.
    Tinggalkan Pesan atau Komentar Anda, Jika Anda Ada Keluhan.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad